Mempersiapkan diri menuju dunia kerja bagi lulusan SMK

Written by
Rate this item
(0 votes)

sudah dipastikan bagi orang tua yang menyekolahkan anaknya ke Sekolah Menengah Kejuruan memiliki harapan setelah lulus nanti anaknya memiliki kemampuan vokasi dan bisa langsung terserap di industri atau dunia kerja. Tujuan dari SMK menurut Uwe adalah pendidikan kejuruan tingkat dasar yang berorientasi pada praktik dalam bidang-bidang seperti pertukangan, kesehatan, bisnis, industri, pertanian dll.

Pencari kerja yang tidak mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja akan tereliminasi dengan sendirinya. Hal ini tentu harus dipersiapkan dengan matang agar setiap lulusan mampu bersaing dalam mendapatkan pekerjaan.

Dapat disimpulkan bahwa SMK adalah pendidikan yang mempersiapkan peserta didik sebagai calon tenaga kerja dan mengembangkan eksistensi sesuai dengan kompetensi keahlian yang dipilihnya, maka sudah seharusnya SMK memfasilitasi peserta didik dalam pemilihan, penempatan dan penyesuaian jurusan/kompetensi keahlian yang dipilih agar mampu mempersiapkan dan mengembangkan potensi tersebut pada dunia kerja.

bagi lulusan SMK, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebagai bekal mempersiapkan diri menuju dunia kerja bagi lulusan SMK. Berikut adalah hal yang harus dipersiapkan peserta didik jenjang SMK untuk menghadapi hal tersebut.

 

1. Sikap dan etos kerja


Hal pertama yang harus dimiliki oleh peserta didik SMK adalah sikap yang baik dan etos kerja. Pendidikan pada SMK harus mengedepankan nilai-nilai positif dalam pergaulan dan mampu melatih peserta didik untuk memiliki semangat, disiplin serta ketaqwaan yang tinggi sesuai dengan agama yang dianutnya.

2. Kompetensi

peserta didik SMK dibekali dengan ilmu-ilmu sesuai dengan kompetensi keahlian yang dipilihnya. Ilmu pengetahuan tersebut terangkum dalam kurikulum yang ditentukan oleh pemerintah melalui peraturan kementrian pendidikan dan kebudayaan. Peserta didik SMK harus mampu menguasai materi yang diberikan oleh tenaga pengajar dan diharapkan bisa mengimplementasikan ilmu yang didapat pada dunia kerja sesuai dengan kompetensi keahlian yang dijalani.

3. Mampu berwirausaha

Salah satu kelebihan dari SMK adalah adanya pendidikan kewirausahan, setiap peserta didik dibekali dengan ilmu kewirausahaan untuk mengoptimalkan potensi peserta didik agar siap berwirausaha. Tidak ada salahnya lulusan SMK membuka usaha secara mandiri dan mampu membuka lapangan pekerjaan baru.

Read 2675 times Last modified on Thursday, 04 July 2019 13:21

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.